indojournal88.blogspot.com Berita Fakta Lugas Terpercaya

Cerita Nelayan Panjang Selamatkan 24 Penumpang Perahu Terbalik


Perahu berpenumpang 24 orang terbalik di perairan Panjang, Minggu (1/1/2017). Satu penumpang tewas dan lainnya berhasil diselamatkan.
Dino (31), sekian nelayan yang menyelamatkan para penumpang, mengatakan peristiwa tersebut diketahui pertama kali oleh warga dari atas rumahnya.
Teriakan warga yang melihat perahu terbalik sampai ke telinga Dino di perahunya yang sedang bersandar.
"Saya melihat ke arah laut ada perahu terbalik dan orang-orang tercebur ke laut," cerita Dino kepada Tribun Lampung, pada Senin (2/1/2017).
Dino bersama tujuh nelayan menyelamatkan para korban. Total dua perahu dikerahkan untuk mengevakuasi korban yang tercebur ke laut.
"Orang-orang sudah pada tercebur di laut dan sudah ada yang tenggelam," Dino menambahkan.
Dino, Salaming dan Kocimbi langsung terjun ke laut menyelamatkan para korban.
Nelayan lainnya melepaskan kayu-kayu di perahu sebagai pelampung sementara untuk para korban selagi yang lain diselamatkan.
Salaming harus menyelam sampai dua meter untuk mencari para korban tenggelam.
"Banyak korban yang sudah tenggelam ke dalam laut. Mereka saya angkat ke permukaan lalu saya tarik ke perahu," ujar Salaming.
Tak sedikit korban banyak yang pingsan. Dino melihat tubuh seorang sudah mengambang dan menariknya untuk dinaikkan ke perahu.
"Orang itu sudah meninggal dunia saat saya tolong," ujar Dino.
Tubuh korban tewas sudah kembung, biru. Setelah diidentifikasi, korban meninggal dunia bernama Agus.
Dino lalu membawa para korban ke rumah warga. "Banyak yang sudah pingsan mulutnya mengeluarkan busa lalu diberi pertolongan pertama. Mereka kemudian dibawa ke puskesmas," beber Dino.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment