indojournal88.blogspot.com Berita Fakta Lugas Terpercaya

Senin, BI Luncurkan Uang NKRI Baru


Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan desain baru uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pada Senin (19/12/2016).
Peluncuran desain baru uang tersebut rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Penerbitan uang NKRI dengan desain baru tersebut merupakan pelaksanaan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, dengan ciri uang sebagaimana diatur dalam UU tersebut.
Salah satu cirinya adalah memuat gambar pahlawan nasional yang ditetapkan sesuai dengan keputusan presiden.
Sebagaimana Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka BI akan menerbitkan tujuh pecahan uang rupiah kertas.
Tak hanya itu, bank sentral juga akan menerbitkan empat pecahan uang rupiah logam. Ada 12 orang pahlawan nasional yang akan diabadikan dalam gambar muka desain baru uang NKRI tersebut.
BI menyatakan, penggunaan gambar 12 orang pahlawan nasional tersebut untuk lebih mengenalkan pahlawan nasional kepada masyarakat.
Di samping itu, penggunaan gambar pahlawan nasional itu juga untuk menumbuhkembangkan semangat kepahlawanan, kepatriotan, kejuangan, dan sikap keteladanan, serta mendorong semangat melahirkan karya terbaik bagi kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara.
Lalu, bagaimana dengan nasib uang rupiah yang sudah beredar saat ini? Direktur Departemen Komunikasi BI Arbonas Hutabarat menyebut, uang rupiah yang ada saat ini tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.
"Apabila uang rupiah kertas dan logam yang baru tersebut telah dikeluarkan dan diedarkan pada waktunya, maka uang rupiah kertas dan logam yang masih beredar saat ini masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran," ujar Arbonas beberapa waktu lalu.
Nah, siapa saja 12 orang pahlawan nasional yang diabadikan sebagai gambar muka pada uang NKRI desain baru tersebut? Berikut daftarnya:
Dr Ir Soekarno (Proklamator kemerdekaan RI, Presiden Pertama RI)
Drs Mohammad Hatta (Proklamator kemerdekaan RI, Wakil Presiden Pertama RI)
Ir H Djuanda Kartawidjaja (Pengukuh kedaulatan Indonesia)
Letjen TNI TB Simatupang (Pelindung kemerdekaan Indonesia)
Dr Tjipto Mangunkusumo (Pendiri Tiga Serangkai)
Prof Dr Ir Herman Johannes (Pelindung paripurna Indonesia)
Mohammad Hoesni Thamrin (Perintis revolusi kemerdekaan Indonesia)
Tjut Meutia (Pejuang kemerdekaan Indonesia dari era kolonial Belanda)
Mr I Gusti Ketut Pudja (Tokoh penentu NKRI)
10.Dr GSSJ Ratulangi (Gubernur pertama Sulawesi)
Frans Kaisiepo (Pahlawan kemerdekaan Indonesia)
Dr KH Idham Chalid (Guru besar Nahdatul Ulama)
Penulis: Sakina Rakhma Diah SetiawanEditor: M Fajar Marta

0 comments:

Post a Comment